Kamis, 09 November 2017

Perbedaan Notebook dan Laptop Yang Harus Anda Ketahui

Perbedaan Notebook dan Laptop


Perkembangan teknologi komputer memang sangat cepat, sudah banyak sekali perusahaan-perusahaan yang melahirkan berbagai produk baru yang semakin canggih. Jika diawal abad ke 20an kita cuma mengenal PC Dekstop saja, sekarang kita sudah melihat berbagai sistem komputerisasi dalam bentuk yang lebih minimalis, lebih canggih, contohnya saja laptop dan notebook. 

Laptop dan notebook meruapakan salah satu perangkat yang menggunakan sistem komputer. Lain dengan PC desktop, laptop dan notebook juga merupakan perangkat portabel yang bisa kalian bawa ke mana-mana. Namun kalian harus tahu, bahwa secara fisik dan spesifikasi keduanya memiliki beberapa perbedaan yang mencolok.

Perbedaan Notebook dan Laptop
Notebook vs Laptop via www.aswylife.com

Bagi kalian yang mengikuti perkembangan teknologi, Perbedaan Notebook dan Laptop terlihat jelas sekali. Tetapi pasti ada juga orang yang masih awam mungkin akan sulit mengerti perbedaan antara laptop dan notebook. Oleh karena itu, admin akan memberikan sebuah artikel tentang perbedaan antara laptop dan notebook jadi bagi kalian yang belum mengerti perbedaan notebook dan laptop, mungkin artikel ini dapat membantu dalam memahami apa saja perbedaannya. 

Perbedaan Laptop dan Notebook 


Laptop dan notebook mempunyai beberapa perbedaan, baik dari segi size (ukuran), kelengkapan, bahkan dari sisi spesifikasi perangkat yang dibekalinya. Baik, langsung simak saja berikut ini

1. Ukuran Layar 


Perbedaan Notebook dan Laptop

Perbedaan laptop dan notebook yang pertama adalah dari ukurannya. Sangat jelas sekali, Perbedaan Notebook dan Laptop yang paling mencolok adalah ukurannya. Ukuran laptop lebih besar daripada notebook, di mana biasanya laptop memiliki diagonal layar lebih dari 18 inch. Sedangkan notebook umumnya memiliki dimensi yang lebih kecil daripada laptop, panjang diagonal layarnya berkisar antara 13 – 18 inch.

Jadi jika kalian lebih suka yang layarnya lebih lebar, pilihlah laptop. Tetapi jika kalian ingin yang medium, notebook dengan 14 inch pun sudah cukup.

2. Berat (Massa)


Perbedaan Notebook dan Laptop

Perbedaan Notebook dan Laptop selanjutnya adalah dari beratnya. Biasanya laptop mempunyai berat antara 3-5 kg, Sedangkan berat notebook lebih ringan dari laptop, sekitar 1-2 kg.

Apabila kalian yang ingin membeli notebook / laptop hanya untuk digunakan menyelesaikan pekerjaan ringan, tugas sekolah atau yang lain dan untuk dibawa kemana-mana, agar tidak terlalu memberatkan bawaan kalian maka menjadikan notebook sebagai pilihan tidak jadi masalah.

3. Spesifikasi Grafis 


Perbedaan Notebook dan Laptop

Ukuran diagonal layar membuat perbedaan spesifikasi grafis antara laptop dan notebook. Perangkat grafis yang sudah tidak asing lagi ini dinamakan VGA. Laptop biasanya menggunakan VGA dengan kapasitas yang lebih besar  dari notebook untuk mendukung performa tampilannya, dan di notebook umumnya hanya meggunakan VGA yang lebih kecil.

Namun jika kalian ingin membeli laptop / notebook hanya digunakan untuk membantu pekerjaan kalian yang ringan, maka pilihan notebook pun bisa dijadikan pilihan untuk kalian beli. Tetapi jika kalian ingin menggunakan nya untuk keperluan yang menggunakan grafis tinggi, misalnya untuk design grafis, bermain game, maka sebaiknya  pilih laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi.

4. Perbedaan Ukuran RAM 


Perbedaan Notebook dan Laptop

Bukan cuma VGA -nya yang berbeda, bahkan ukuran RAM-nya pun berbeda. RAM (Random Access Memory) adalah media penyimpanan data yang bersifat sementara yang sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer. Umumnya kapasitas RAM laptop lebih besar dibandingkan dengan RAM Notebook. Sama seperti VGA, karena teknologi yang semakin hari terus berkembang kini telah membuat beberapa produsen memproduksi notebook dengan spesifikasi RAM yang lebih besar.

Jadi tidak usah khawatir bagi kalian yang ingin memiliki notebook, yang harganya lebih murah dari laptop. Karena notebook keluaran terbaru biasanya sudah menggunakan kapasitas RAM yang lebih tinggi dari notebook keluaran lama

5. DVD / CD ROM 

Perbedaan Notebook dan Laptop

Laptop memiliki DVD ROM, sementara notebook tidak ada DVD ROM. Tipisnya ukuran notebook, menjadikan pemasangan perangkat DVD ROM tidak memungkinkan. Namun untuk saat ini masalah tersebut belum bisa diatasi.

Tetapi kalian yang ingin memilih notebook, tidak usah khawatir. Apabila kalian ingin menonton sebuah video/musik di DVD/CD menggunakan notebook, kalian bisa membeli sebuah DVD ROM Eksternal.

6. Daya Tahan Baterai 


Baterai merupakan komponen yang tidak mungkin tidak ada di laptop dan notebook. Karena kedua perangkat tersebut menggunakan daya dari baterai. Masing-masing baterai memiliki kapasitas penyimpanan energi listrik yang berbeda. Pada laptop, biasanya daya tahan baterai lebih rendah daripada daya tahan baterai notebook.

Kesimpulan


Itulah beberapa perbedaan laptop dan notebook dari segi fisik ataupun dari segi spesifikasinya. Laptop bisa dijadikan ssebuah pilihan jika kalian membutuhkan spesifikasi komponen yang tinggi. Sedangkan jika kalian hanya butuh sistem komputer dengan spesifikasi standar, maka notebook bisa dijadikan pilihan.

Jadi terserah kalian mau pilih yang mana, oleh karena itu silahkan baca tips untuk memilih laptop / notebook yang baik sesuai kebutuhan. Cukup sekian artikel admin kali ini, semoga bermanfaat.