Senin, 25 Desember 2017

Cara Merakit Komputer dengan Benar

Cara Merakit Komputer dengan Benar


Cara Merakit Komputer dengan Benar

Instruksi ini akan mengajarkan cara merakit komputer desktop pribadi dengan benar. Ada beberapa langkah yang harus diikuti.

Sebelum memulai perakitan komputer, perlengkapan yang perlu disiapkan seperti : tang, obeng, kabel, sekrup, jumper, baut, driver dan program aplikasi. Dan juga harus diperhatikan mengenai kompatibilitas / kesesuaian dari komponen-komponen terhadap motherboard karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, RAM, port dan I/O bus yang berlainan.

Langkah-Langkah Merakit Komputer


1. Menyiapkan Motherboard

Siapkan Mainboard (motherboard). Jika Anda ingin merakit perangkat yang disukai, Anda harus menggunakan Mainboard Intel i3, i5, i7.

2. Memasang CPU

Pasang CPU di soket Mainboard. Anda harus memilih CPU yang benar untuk motherboard Anda, dan memasangnya sesuai dengan instruksinya. Hati-hati jangan sampai memasang CPU dengan cara yang salah. Tidak hanya komputer Anda tidak berfungsi, bisa saja terjadi hubungan arus pendek dan merusak motherboard Anda.

3. Memasang Heatsink

Sambungkan pendingin CPU ke Mainboard

4. Memasang RAM

Pasang modul RAM (memori) pada slot yang sesuai. motherboard harus memiliki deretan slot yang memiliki 2 atau 3 bagian dengan panjang yang berbeda. Pastikan pin pada kartu RAM berbaris dengan pin pada konektor motherboard. Jangan sampai slot RAM tergabung dengan slot PCI. Slot PCI biasanya lebih lebar.

5. Memasang Power Supply

Buka casing dan pasang power supply yang tipe M-ATX. Pastikan untuk menghubungkan semua koneksi ke drive dan motherboard.

6. Memasang Pelat Belakang Casing

Pasang pelat belakang Mainboard ke case dan periksa posisi mounting Mainboard. Instruksi motherboard harus memberi tahu posisi motherboard.

7. Kencangkan dengan skrup

Sesuai posisi Mainboard dalam casing ini.

8. Memasang Harddisk

Pasang Hard disk dan hubungkan ke power supply dan motherboard. Harus ada koneksi terpisah untuk power supply dan motherboard. Dalam casing SATA Hard disk, sebaiknya lepaskan jumper.

9. Memasang Konektor

Sambungkan konektor SATA ke drive dan konektor USB dan saklar ke motherboard. Instruksi kasus dan motherboard harus memberitahukan di mana menghubungkan kabel.

10. Memasang Konektor Power Supply

Sambungkan konektor ATX 20 atau 24 pin dan konektor power supply dan 4-pin ke motherboard.

11. Meamasang DVD-ROM

Pasang drive DVD-ROM. Setelah menghubungkan kabel ATA ke perangkat, hook it up ke catu daya.

12. Menutup Casing

Tutup casing setelah semuanya dipasang.

13. Menginstall Sistem Operasi

Terakhir, pilih sistem operasi yang kompatibel, dan ikuti petunjuk untuk menginstal.

Akhir Kata


Demikianlah artikel admin kali ini mengenai cara merakit komputer dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat