Rabu, 08 November 2017

Istilah - Istilah Pada Monitor

Istilah - Istilah Penting Pada Monitor Yang Wajib Anda Ketahui


Pengertian Monitor


Monitor adalah salah satu perangkat output pada komputer, fungsi monitor adalah untuk menampilkan suatu pekerjaan yang kita kerjakan menggunakan komputer. Monitor memiliki tipe, ukuran, dan karakteristik yang berbeda. Saat kita membeli komputer baru, monitor biasanya dibeli terpisah.

Istilah - Istilah Pada Monitor

Oleh karena itu memahami karakteristik monitor yang baik akan membantu kita dalam memilih dan menentukan monitor baik.. Istilah - istilah berikut yang akan admin sebutkan ini memiliki hubungannya dengan monitor.


  1. Pixels : Elemen gambar. Tampilan layar terdiri dari pixel atau titik kecil. Pixel diatur dalam baris melewati layar. Tiap pixel mengandung tiga warna, yaitu merah, hijau dan biru (RGB).
  2. Dot Pitch : Ukuran seberapa dekat titik fosfor dalam layar. Semakin bagus dot pitch-nya maka kualitas tampilan akan lebih baik. Lihat pada nomer yang lebih kecil. 
  3. Refresh Rate : Tingkat tampilan layar direfresh. Tingkat refresh dihitung dalam hertz (Hz) berarti per detik. Semakin tinggi tingkat refresh, maka tampilan layar akan semakin stabil. 
  4. Color Depth : Nomer untuk warna yang berbeda dalam tiap pixel dapat ditampilkan. Semakin tinggi kedalamannya, maka semakin banyak warna yang dapat dihasilkan.
  5. Video RAM (VRAM) : Memori yang dimiliki oleh kartu video. Semakin tinggi VRAM dalam kartu video, maka semakin banyak warna yang bisa ditampilkan. 
  6. Resolution : Bervariasi tergantung nomer pixelnya. Semakin banyak pixel pada layar, resolusi akan semakin baik. Semakin tinggi resolusi berarti gambar akan semakin tajam. 
  7. Monitor screen sizes : Diukur dalam inci. Ukuran yang paling umum adalah 14”, 15”, 17” 19” dan 21”, dihitung diagonal. Perhatikan bahwa ukuran yang tampak sebenarnya lebih kecil dari ukuran yang dihitung.
  8. Display Warna : Warna diciptakan dengan mengubah-ubah intensitas cahaya dari tiga warna dasar. 24 dan 32 bit biasanya merupakan pilihan untuk seniman grafis dan fotografer profesional. Untuk aplikasi yang lainnya, warna 16 bit akan sudah mencukupi. Dibawah ini merupakan rangkuman dari kedalaman warna yang sering digunakan:
    • 256 warna – 8-bit warna 
    • 65,536 warna – 16-bit warna, juga dikenal sebagai 65K or HiColor 
    • 16 million warna – 24-bit warna, juga dikenal sebagai True Color 
    • 4 billion warna – 32-bit warna, juga dikenal sebagai True Color 

Akhir Kata


Monitor berkualitas tinggi dan kartu video berkualitas tinggi diperlukan untuk mendapatkan resolusi tinggi dan refresh rate yang tinggi pula.