Sabtu, 10 September 2016

CCTV Menggunakan Android

CCTV Menggunakan Android - CCTV (Close Circuit Television) adalah sebuah kamera pengintai yang dapat merekam gambar dan suara, kedalam sebuah monitor yang rekamannya bisa tersimpan dengan bantuan perangkat lain yang disebut dengan DVR (Digital Video Recorder) yang di dalamnya terdapat sebuah Hardisk yang kemudian dikelola sehingga menjadi file rekaman untuk memutar ulang apa yang telah terekam oleh CCTV tersebut.
CCTV biasanya digunakan oleh perusahaan, perumahan bahkan di jalanan. CCTV bisa dipasang di dalam ruangan maupun luar ruangan. Jika CCTV dipasang di dalam ruangan, biasanya ditempatkan di sudut ruangan yang strategis, sehingga semua yang ada di ruangan bisa terekam oleh CCTV.

Jika kita ingin memasang kamera pengintai di dalam rumah kita maka harus membeli dan memasang CCTV, namun apabila kalian belum mempunyai uang yang cukup untuk membelinya dan saat itu kita sedang membutuhkan sebuah kamera pengintai untuk mengintai sesuatu dalam keadaan darurat, maka saya akan memberikan sebuah solusi untuk mengatasi masalah tersebut yakni dengan menjadikan Android (Smartphone berkamera) untuk dijadikan sebagai CCTV sementara dengan bantuan laptop atau komputer sebagai monitor dan memanfaatkan thetering (bisa tanpa koneksi internet) sebagai penghubung antara PC dan Smartphone.

Peralatan dan software yang diperlukan adalah sebagai berikut:
1. Satu unit laptop/PC (sudah terinstall web browser seperti: mozilla, google chrome atau yang lainnya)
2. Satu unit HP Android
3. Aplikasi android: "IP Webcam"  bisa di unduh disini (Google PlayStore) download dan install
Semeranta langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Android dan PC harus berada dalam jaringan yang sama, untuk itu aktifkan thetering pada android sobat agar pc dalam jaringan yang sama. Tidak harus konek ke internet
Cara Menjadikan Android Sebagai CCTV


2. Sambukan PC ke wifi thetering android kalian tadi
Cara Menjadikan Android Sebagai CCTV

3  Jika sudah, buka Aplikasi IP Webcam yang tadi kalian download dan install
4. Scroll hingga paling bawah. Klik "Start Server"
Cara Menjadikan Android Sebagai CCTV

5. Akan secara otomatis sobat menggunakan camera, nah di layar akan muncul IP yang saya kotak merahi
Cara Menjadikan Android Sebagai CCTV


6. Masuk ke web browser sobat di PC. Google Chrome, Mozilla, Opera atau yang lain terserah. Asal jangan internet explorer (not recommended). Disini saya menggunakan google chrome.
Cara Menjadikan Android Sebagai CCTV
(gambar diambil dari google)

7. Ketik IP yang tadi ada di layar di IP webcam tadi. Ketik di address bar.
Cara Menjadikan Android Sebagai CCTV

8. Otomatis kalian akan dibawa ke halaman IP Webcam. Kalau belum muncul videonya. silahkan klik "browser/flash/yang lainnya" di panel "Video" untuk mengeluarkan suara tinggal klik "browser/flash/yang lainnya" di panel "Sound"
Cara Menjadikan Android Sebagai CCTV


Seperti itulah langkah-langkah memanfaatkan smartphone android untuk dijadikan CCTV. Cukup mudah bukan? Silahkan kalian bisa mencobanya.