Minggu, 17 September 2017

Komponen Dasar Jaringan Komputer

Komponen Dasar Jaringan Komputer

Jaringan komputer ialah sekumpulan computer yang saling terhubung dengan pakai suatu media dan protocol komunikasi tertentu, supaya bisa saling share knowledge dan informasi. Jaringan computer bisa memicu komunikasi yang lebih efisien antar pemakai (mail dan video call).

Artikel admin kali ini yakni berkenaan macam macam komponen dasar jaringan komputer , memang sangat banyak sekali komponen-komponen jaringan computer namun, admin cuma bakal memberikan yang dasarnya saja yang admin ketahui dan yang kudu kalian ketahui juga.

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Yang paling dasar adalah pengertian jaringan computer itu sendiri. Jaringan  computer  merupakan sekumpulan  computer   yang terhubung lewat protokol komunikasi supaya bisa share data, informasi, program aplikasi dan perangkat keras seperti printer, scanner, CD-Drive maupun harddisk dan juga bisa melakukan  komunikasi secara elektronik.

Sedangkan  terhadap   Aplikasi  home user,  bisa melakukan komunikasi antar user lebih efisien (chat), interaktif entertainment lebih multimedia (games, video,dan lain-lain).

Klasifikasi Jaringan Komputer :


LAN   (Local  Area Network) adalah Jaringan   computer   yang  saling   terhubung   ke   suatu computer server  dengan pakai topologi  tertentu,  kebanyakan  digunakan dalam cakupan area satu gedung atau infrastruktur yang jaraknya tidak lebih dari 1 km.

MAN (Metropolitan Area Network) adalah Jaringan computer yang saling terkoneksi dalam satu kawasan  kota yang jaraknya bisa  lebih dari 1 km. Pilihan  untuk membangun jaringan computer antar kantor dalam suatu kota, universitas dalam satu kota.

WAN (Wide Area Network) adalah Jaringan  computer yang menghubungkan banyak LAN  ke dalam suatu  jaringan terpadu, antara satu  jaringan dengan jaringan lain bisa berjarak ribuan kilometer atau terpisahkan  letak geografi dengan pakai metode komunikasi tertentu.

Secara garis besar ada lebih dari satu tahapan dalam membangun  jaringan LAN, diantaranya ;

  • Menentukan teknologi type jaringannya (Ethernet, Fast Ethernet, Token Ring, FDDI)
  • Memilih type perkabelan (Fiber, UTP, Coaxial)
  • Menentukan bentuk topologi jaringan (Bus, Ring, dan Star)
  • Menentukan teknologi Client/Server atau Peer to Peer
  • Memilih Sistem Operasi Server (Windows NT, 2000, XP, atau Linux)

Pengertian Sistem Operasi


Sistem  operasi adalah sekelompok teratur software yang berada diantara program aplikasi dan perangkat keras (Bambang Hariyanto,2006,hal 25). Sistem operasi punya tugas yakni mengelola seluruh sumber energi sistem computer dan sebagai penyedia layanan.

Sistem  operasi  sedia kan System  Call  (berupa  fungsi-fungsi  atau  API=Application Programming Interface). System Call berfungsi menghindarkan kompleksitas pemrograman dengan berikan sekumpulan instruksi yang lebih mudah dan nyaman, sistem operasi  juga sebagai  basis  untuk program lain di mana program aplikasi  dilakukan diatas  sistem  operasi,  program-program itu pakai sumber  energi sistem  computer  dengan langkah berharap  layanan sistem  operasi mengendalikan sumber energi untuk aplikasi supaya penggunaan sumber  energi sistem  computer bisa dilakukan secara benar dan efisien.



Sistem operasi yang dikenal Antara lain :
Windows (95, 98, ME, 2000, XP, VISTA, SERVER, Windows7, Windows 8, Windows 8.1 maupun yang terbaru sekarang adalah Windows 10 untuk saat ini)
Linux (Debian, Slackware,  Redhat, Ubuntu, Fedora, MikrotikOS, Debian, OpenSUSE)
UNIX
FreeBSD (Berkeley Software Distribution)
SUN (SOLARIS)
DOS (MS-DOS)
Macintosh (MAC OS, MAC OSX)


Pengertian Router

Pengertian Router

Router adalah sebuah piranti yang berfungsi membebaskan paket IP Address dari satu jaringan ke jaringan lain yang bisa saja punya banyak jalan diantara keduanya. Router-router  yang  terhubung dalam jaringan internet diikut sertakan dalam sebuah algoritma routing terdistribusi untuk pilih jalan paling baik yang di lewati paket IP dari system ke system lain. Proses routing dilakukan secara hop by hop. IP tidak mengetahui jalan keseluruhan menuju obyek tiap tiap paket. IP routing cuma sedia kan IP address dari router selanjutnya yang menurutnya lebih dekat ke host tujuan.

Fungsi Router:

Membaca ip address source & destination untuk pilih routing dari suatu LAN ke LAN lainnya.
Menyimpan routing table untuk pilih rute paling baik antara LAN ke WAN.
Perangkat di layer 3 OSI Layer.
Bisa berupa “box” atau sebuah  OS yang menjalankan sebuah daemon routing.
Interfaces Ethernet, Serial, ISDN BRI. 

Pengertian Gateway



Gateway adalah pintu gerbang sebagai keluar-masuknya paket knowledge dari local network menuju outer network. Tujuannya supaya client terhadap local network bisa berkomunikasi dengan internet. Router  bisa disetting  jadi Gateway di mana ia jadi penghubung antara jaringan local dengan jaringan luar.

Pengertian Proxy Server


Proxy Server adalah sebuah  layanan  untuk  menghubungkan diri  ke internet  secara  bersama-sama. Memenuhi permintaan user untuk layanan Internet (http, FTP,Telnet) dan mengirimkannya cocok dengan kebijakan. Bertindak sebagai gateway menuju layanan. Mewakili paket knowledge dari dalam dan dari luar. Menangani seluruh komunikasi  internet  – ekternal. Bertindak sebagai  gateway antara mesin  internal dan eksternal.  Proxy  server  mengevaluasi  dan mengontrol permintaan dari client, jikalau cocok policy dilewatkan jikalau tidak di deny/drop. Menggunakan metode NAT. Memeriksa mengisi paket.

Pengertian Firewall


Pengertian Firewall
Firewall adalah sistem  keamanan yang pakai device atau sistem  yang di letakkan di dua jaringan dengan fungsi utama melakukan filtering terhadap akses yang bakal masuk. Dalam bentuk hardware atau software, bisa juga dalam bentuk seperangkat aturan dan prosedur yang ditetapkan oleh organisasi. Firewal  juga bisa disebut  sebagai sistem atau  perangkat yang mengizinkan  lalu  lintas  jaringan yang dianggapnya aman untuk melaluinya dan  menghambat lalu  lintas  jaringan  yang tidak  aman. Umumnya firewall diimplementasikan   dalam sebuah mesin  terdedikasi, yang berjalan terhadap pintu gerbang (gateway) antara jaringan local dan jaringan lainnya. Firewall juga kebanyakan digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa saja yang punya akses terhadap jaringan pribadi dari hak luar. Saat ini, arti firewall jadi arti generic yang merujuk terhadap sistem yang menyesuaikan komunikasi antar dua jaringan yang berbeda.

Pengertian Virtual LAN


Virtual LAN (VLAN) adalah berupa suatu software dari device switch yang berfungsi  untuk mengelompokan user berdasarkan fungsional, 1 broacast domain (1 VLAN) dan antar VLAN bisa terkoneksi dengan router.

Teknologi  VLAN adalah suatu langkah yang menengahi segmen-segmen terhadap switch di mana antara 1  segmen  dengan segmen  lain  tidak  bisa terkoneksi,  koneksi  bisa dilakukan dengan pakai router. Dalam satu switch bakal berbeda network-id-nya dan berbeda broadcast domainnya.

Demikianlah artikel admin mengenai Komponen Dasar Jaringan Komputer dan Pengertiannya Terimakasih semoga bermanfaat :)