Kamis, 14 September 2017

7 Tips Menjaga Umur Baterai Laptop

7 Tips Menjaga Umur Baterai Laptop


7 Tips Menjaga Umur Baterai Laptop 

Pada dasarnya penggunaan laptop secara berlebihan dan tidak mengenal waktu dapat membuat baterai laptop kita akan cepat habis bahkan bisa saja laptopnya yang rusak ataupun baterainya yang nge-drop (cepat habis).

Oleh karena itu sejatinya sebuah barang elektronik tidak selamanya bisa bertahan selamanya, kita sebagai pengguna harus menjaga kondisi barang elektronik yang kita miliki. Untuk itu kali ini admin memberikan sebuah artikel Tips Menjaga Umur Baterai Laptop agar baterai laptop kalian bisa awet dan tahan lama, laptop admin saja sampai sekarang sudah hampir 4 tahun masih baik-baik saja. 

Langsung saja, Tips Menjaga Umur Baterai Laptop :


1. Hidupkan Mode Penghemat Baterai 

Setiap laptop dilengkapi dengan mode penghemat baterai yang menempatkan mesin dalam keadaan konsumsi daya rendah. Prosesor, memori, hard disk, dan yang lainnya mengkonsumsi lebih sedikit daya dengan mengurangi performanya. Ini memungkinkan Anda memperpanjang waktu sebelum baterai mati.

2. Kurangi Kecerahan Layar 

Seperti halnya perangkat elektronik termasuk ponsel Anda, Anda harus menurunkan kecerahan layar laptop Anda. Padahal, jika baterai hampir mati, biasanya laptop akan menurunkan secara otomatis  ke setelan paling rendah. Kebanyakan layar laptop modern terdiri dari LED untuk memberi lampu latar dan karenanya, mereka memang mengambil alih daya.

3. Matikan Perangkat yang Tidak Digunakan 

Kecuali Anda menggunakannya, matikan Wi-Fi dan Bluetooth karena ini adalah perangkat radio yang mengkonsumsi cukup sedikit daya baterai. Selain itu, Anda juga dapat mematikan periferal yang tidak terpakai seperti kartu grafis berkinerja tinggi (Anda jelas tidak memerlukannya untuk membuat presentasi), satu atau beberapa port USB (kebanyakan laptop berisi dua sampai tiga port, jadi Anda bisa mematikannya) , dan drive optik yang kurang dimanfaatkan.

4. Turunkan Resolusi 

Laptop modern berisi layar beresolusi tinggi yang menarik banyak daya baterai; mengurangi resolusi menjadi yang mendasar bila Anda ingin memiliki lebih banyak waktu baterai adalah cara yang efisien untuk mengurangi konsumsi daya.

5. Matikan Lampu Latar Keyboard Meskipun 

Anda tidak memiliki laptop dengan keyboard yang dilengkapi lampu latar, mematikan lampu latar akan membantu meningkatkan waktu sebelum baterai padam.

6. Tutup Aplikasi dan Proses yang Tidak Perlu 

Perangkat Keras bukan satu-satunya komponen yang mengkonsumsi baterai Anda, itu juga perangkat lunaknya. Jadi mulailah dengan menutup semua program yang berjalan di latar belakang; Misalnya, proses yang berhubungan dengan suara, pemutar musik, pemutar video, atau layanan awan dapat ditutup dengan aman.

7. Jangan Biarkan Laptop Anda Terlalu Panas 

Apakah Anda menggunakan laptop di tempat tidur, selimut, atau bantal? Jika demikian, kemungkinan Anda berisiko merusak baterai dan komponen internal; Panas yang berlebihan tidak hanya akan menyebabkan kerusakan, namun juga akan mempersingkat masa pakai baterai. Karena itu, letakkan laptop Anda di permukaan yang keras seperti meja atau meja dan jika Anda merasa malas, gunakan meja portabel seperti lapdesk.

Selanjutnya, debu dan puing-puing yang menumpuk di lubang ventilasi, kipas angin, dan ventilasi udara laptop yang menghalangi panas agar tidak keluar. Menghembuskan ventilasi dengan udara bertekanan membantu meningkatkan kinerja dan memperpanjang masa pakai baterai laptop.