Minggu, 17 September 2017

Pengertian Mikrotik

Mikrotik
Image Source : mikrotik.com

Apa itu Mikrotik? Pengertian Mikrotik & Penjelasannya 

Mikrotik adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang memproduksi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (Software) yang berhubungan bersama proses jaringan komputer yang berkantor pusat di Latvia, bersebelahan bersama Rusia. Mikrotik didirikan terhadap tahun 1995 untuk mengembangkan router dan proses ISP (Internet Service Provider) nirkabel.


Mikrotik dibikin oleh MikroTikls sebuah perusahaan di kota Riga, Latvia. Latvia adalah sebuah negara yang merupakan “pecahan” berasal dari negara Uni Soviet dulunya atau Rusia sekarang ini. Mikrotik awalannya bertujuan untuk perusahaan jasa sarana Internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP) yang melayani pelanggannya gunakan teknologi nirkabel atau wireless. Saat ini MikroTikls menambahkan sarana kepada banyak ISP nirkabel untuk sarana akses Internet dibanyak negara di dunia dan termasuk benar-benar terkenal di Indonesia. MikroTik sekarang menyediakan hardware dan software untuk konektivitas internet di lebih dari satu besar negara di seluruh dunia. Produk hardware unggulan Mikrotik berbentuk Router, Switch, Antena, dan perangkat pendukung lainnya. Sedangkan produk Software unggulan Mikrotik adalah MikroTik RouterOS.

MikroTik RouterOS



MikroTik RouterOS™ adalah proses operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup bermacam fitur yang dibikin untuk ip network dan jaringan wireless, sesuai digunakan oleh ISP dan provider hotspot. Untuk instalasi Mikrotik tidak diperlukan piranti lunak tambahan atau komponen tambahan lain. Mikrotik didesain untuk ringan digunakan dan benar-benar baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah proses jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun.

Mikrotik RouterBoard




RouterBoard adalah router embedded produk berasal dari mikrotik. Routerboard seperti sebuah komputer mini yang terintegrasi gara-gara didalam satu board tertanam prosesor, ram, rom, dan memori flash. Routerboard gunakan os RouterOS yang berfaedah sebagai router jaringan, bandwidth management, proxy server, dhcp, dns server dan dapat termasuk berfaedah sebagai hotspot server.


Ada lebih dari satu seri routerboard yang termasuk dapat berfaedah sebagai wifi. sebagai wifi access point, bridge, wds ataupun sebagai wifi client. seperti seri RB411, RB433, RB600. dan lebih dari satu besar ISP wireless gunakan routerboard untuk menjalankan faedah wirelessnya baik sebagai ap ataupun client. Dengan routerboard Anda dapat menjalankan faedah sebuah router tanpa bergantung terhadap PC lagi. gara-gara seluruh faedah terhadap router sudah tersedia didalam routerboard. Jika dibandingkan bersama komputer yang diinstal routerOS, routerboard ukurannya lebih kecil, lebih kompak dan irit listrik gara-gara hanya gunakan adaptor. untuk digunakan di jaringan wifi dapat dipasang diatas tower dan gunakan PoE sebagai sumber arusnya.

Mikrotik terhadap standar perangkat keras berbasiskan Personal Computer (PC) dikenal bersama kestabilan, kualitas kontrol dan fleksibilitas untuk bermacam model paket data dan penanganan proses rute atau lebih dikenal bersama arti routing. Mikrotik yang dibikin sebagai router berbasiskan PC banyak berfaedah untuk sebuah ISP yang ingin menjalankan lebih dari satu aplikasi terasa berasal dari hal yang paling ringan hingga tingkat lanjut. Contoh aplikasi yang dapat diterapkan bersama adanya Mikrotik tak sekedar routing adalah aplikasi kapasitas akses (bandwidth) manajemen, firewall, wireless access point (WiFi), backhaul link, proses hotspot, Virtual Private Netword (VPN) server dan tetap banyak lainnya.

Sistem Level Lisensi Mikrotik

Mikrotik bukanlah perangkat lunak yang gratis kecuali anda ingin memanfaatkannya secara penuh, diperlukan lisensi berasal dari MikroTikls untuk dapat menggunakanya dengan sebutan lain berbayar. Mikrotik dikenal bersama arti Level terhadap lisensinya. Tersedia terasa berasal dari Level 0 sesudah itu 1, 3 hingga 6, untuk Level 1 adalah versi Demo Mikrotik dapat digunakan secara gratis bersama fungsi-fungsi yang benar-benar terbatas. Tentunya tiap tiap level memilki kebolehan yang berbeda-beda sesuai bersama harganya, Level 6 adalah level tertinggi bersama faedah yang paling lengkap. 

Secara singkat dapat digambarkan jelaskan sebagai berikut:

Level 0 (gratis); tidak memerlukan lisensi untuk menggunakannya dan pemanfaatan fitur hanya dibatasi sepanjang 24 jam setelah instalasi dilakukan.
Level 1 (demo); terhadap level ini anda dapat menggunakannya sbg faedah routing standar saja bersama 1 pengaturan serta tidak punyai limitasi kala untuk menggunakannya.
Level 3; sudah mencakup level 1 disempurnakan bersama kebolehan untuk menajemen segala perangkat keras yang berbasiskan Kartu Jaringan atau Ethernet dan pengelolan perangkat wireless model klien.
Level 4; sudah mencakup level 1 dan 3 disempurnakan bersama kebolehan untuk mengelola perangkat wireless model akses poin.
Level 5; mencakup level 1, 3 dan 4 disempurnakan bersama kebolehan mengelola kuantitas pengguna hotspot yang lebih banyak.
Level 6; mencakup seluruh level dan tidak punyai limitasi apapun.

Kesimpulan

Demikianlah lebih dari satu informasi tentang Apa itu Mikrotik? Pengertian Mikrotik & Penjelasannya.