Rabu, 04 Oktober 2017

Cara Mempercepat Kinerja Laptop


Cara Mempercepat Kinerja Laptop dan Komputer 

Sebelumnya admin membuat artikel tentang cara mengatasi laptop lemot kali ini admin membuat artikel tentang tips mempercepat kinerja laptop. Memiliki laptop yang lemot atau lambat tentu membuat kita tidak nyaman saat menggunakannya, apalagi saat kita sedang ngejar waktu karena banyaknya tugas yang menumpuk hal tersebut membuat kita kesal. Tidak heran banyak dari mereka yang memiliki laptop/komputer lebih memilih ke warnet untuk mengerjakan tugasnya karena alasan tertentu itu dikarenakan laptop/notebooknya yang lemot.

Namun jika hal tersebut terus terjadi, akhirnya laptop jarang terpakai dan mubadzir, sayang sekali apabila kita punya laptop tetapi tidak dipakai. Sebaiknya kita manfaatkan saja laptop yang kita miliki, adapun yang menyebabkan laptop lemot itu ada beberapa faktor. Oleh karena itu gunakanlah laptop sesuai dengan kemampuannya (spesifikasi). Dan disini admin akan memberikan sebuah tips cara  mempercepat kinerja laptop atau komputer.

1. Hapus File Yang Tidak Penting


Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Cara mempercepat kinerja laptop yang pertama yaitu dengan cara menghapus file-file yang sudah tidak digunakan lagi akan membuat space hardisk menjadi semakin banyak, alhasil laptop lebih ringan saat digunakan. Karena banyaknya file-file yang tersimpan di hardisk dan sampai space hardisk tinggal sedikit tentu akan membuat kinerja laptop/notebook lambat. Perlu diperhatikan, saat menghapus file pastikan di Recycle Bin juga dihapus. 

2. Jangan Instal Software Yang Tidak Sesuai dengan Kemampuan Laptop


Pada dasarnya sebuah software/program atau bahkan game memiliki system requirment (minimum spesifikasi yang dibutuhkan). Jadi pastikan sesuaikan dahulu apakah laptop/komputer sobat sudah memenuhi persyaratan atau belum, jika dibawah minimum spesifikasi yang dibutuhkan sebaiknya jangan instal karena akan membebani kinerja laptop.

3. Instal Antivirus dan Scan Secara Berkala


http://www.siswatkj.com/2017/10/cara-mempercepat-kinerja-laptop.html

Kemudian cara mempercepat kinerja laptop berikutnya adalah dengan menginstal antivirus di laptopmu, installah antivirus yang up to date dan scan laptop secara berkala minimal 1 bulan sekali agar laptop terhindar dan terlindungi dari virus. Karena virus dapat membagi dirinya tanpa disadari sehingga menyebabkan laptop lemot bahkan komponen pada laptop bisa mengalami kerusakan.

4. Lakukan Disk Cleanup Secara Berkala


- Klik Start > control panel 
- Klik System and Security > Pada Administrative Tools pilih Free up disk space
- Pilih Drive Disk > OK
- Centang semua > OK
Lakukan hal tersebut secara berkala, agar harddisk bersih dari file-file sampah, lakukan minimal 1bulan 1kali untuk mempercepat kinerja laptop
Selengkapnya baca ini : perawatan harddisk

5. Lakukan Disk Defragmenter


- Klik Start > control panel 
- Klik System and Security > Pada Administrative Tools pilih Defragment your hard drive
- Pilih drive disk > defragment disk (pilih semua dan defragment satu persatu)
Defrag hardisk secara berkala, agar harddisk menata kembali file-file yang berantakan menjadi tersusun rapi, minimal 1x dalam 1bulan untuk mempercepat kinerja laptop
Selengkapnya baca ini : perawatan harddisk

6. Hapus/Uninstal Software Yang Tidak Penting


Terpasangnya banyak software/program yang terinstal di laptop tentu akan mengurangi kinerja laptop, jadi uninstal saja software yang sudah tidak digunakan lagi/tidak penting.
- Klik start > control panel
- uninstal a program
- disitu kalian uninstal software yang tidak penting/tidak digunakan lagi
Untuk menginstal software pun jangan sembarang, karena biasanya ada driver laptop yang ada disitu jadi kalian harus bisa membedakan mana software mana driver. Jika driver yang diuninstal maka akan berakibat fatal, misalnya kalian menghapus driver wifi maka kemungkinan laptop kalian tidak bisa menggunakan wifi lagi sebelum driver tersebut diinstal kembali.

7. Batasi Software Yang Berjalan Otomatis pada Startup


Startup adalah utiliti yang tersedia di windows, fungsinya adalah menjalankan program yang diijinkan berjalan secara otomatis apabila laptop dinyalakan. Untuk menonaktifkan program yang tidak penting (membatasi) caranya sebagai berikut :
- Tekan windows + R , ketik msconfig lalu enter.
- Pada System Configuration, pilih tab Startup. Hapus centang program yang tidak penting. 
- Bagi user windows 8 atau 10, tinggal masuk ke Task Manager yaitu dengan cara menekan Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan, kemudian pilih tab Startup. Klik kanan software yang kalian ingin tidak terjadi kembali di startup, maka pilih Disable.

8. Hapus Temporary File (File yang digunakan sementara)


Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Temporary File adalah File yang penggunaanya bersifat sementara, biasanya temporary ada secara otomatis saat menginstal sebuah software/program. Temporary ada yang terhapus dengan sendirinya saat tidak digunakan, ada juga yang tetap ada meskipun file sudah tidak digunakan. Hal itu menyebabkan bertambahnya penggunaan Hardisk dan kinerja laptop menjadi lambat, oleh karena itu cara menghapusnya adalah :
- klik start menu
- lalu ketik %temp% dan enter
- akan muncul sebuah window berisi tentang file dan folder temp, kemudian hapus semua yang ada. Apabila muncul file in use maka tinggal skip saja.

9. Upgrade Hardisk atau RAM


Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Cara mempercepat kinerja laptop berikutnya adalah denga upgrade Harddisk / RAM. Jika data di hardisk semuanya penting dan masih digunakan sedangkan hardisk kita saat ini hampir penuh maka sebaiknya upgrade hardisk yang memiliki kapasitas lebih besar dan hardisk yang lama jadikan hardisk eksternal saja.
Begitu juga RAM, RAM sangat berpengaruh sekali dalam kinerja laptop / komputer, karena pada saat kita menjalankan program/software semua data yang tersimpan secara sementara ditampung oleh RAM, jadi semakin besar RAM maka semakin enteng pula kinerja laptop.

Tetapi perlu diperhatikan bahwa untuk mengupgrade ram juga melihat kemampuan laptop karena jika kita upgrade ram yang lebih besar ternyata prosesornya pas-pasan ya hasilnya sama saja. Jadi sebelum upgrade sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

10. Ganti Hardisk dengan SSD


Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Langkah terakhir cara mempercepat kinerja laptop adalah dengan mengupgrade harddisk ke SSD. SSD (Solid State Drive) adalah perangkat teknologi yang fungsinya sama dengan hardisk yaitu menyimpan, namun SSD memiliki keunggulan diantaranya yaitu kecepatan membaca datanya lebih cepat dari pada Hardisk. Namun tentu saja harga SSD lebih mahal dari Hardisk



Akhir Kata


Itu dia 10 Cara mempercepat kinerja laptop dari admin, tentu saja pasti ada kekurangan dan kelemahan dalam artikel admin ini karena saya juga masih belajar dan berdasarkan pengalaman saja. Silahkan kalian bisa mencoba tips dari admin tersebut, usahakan yang mudah saja jangan yang perlu menggunakan uang.
Sebenarnya sih untuk mempercepat kinerja laptop kita hanya perlu merawatnya secara berkala agar performa laptop tetap terjaga.

Demikianlah artikel admin tentang tips cara mempercepat kinerja laptop, sekian dan terimakasih.