Selasa, 07 November 2017

Cara Mengatasi Komputer Lambat Disebabkan Oleh Harddisk

Tips Agar Komputer Tidak Lambat Yang Disebabkan Oleh Harddisk


Komputer yang lambat, lemot, lelet, atau apapun kalian menyebutkan yang intinya adalah performa (kinerja) komputer/laptop lama loadingnya adalah sesuatu yang membuat kita jengkel. Apalagi pada saat kita ingin mengerjakan sesuatu di komputer kita, atau di laptop, lama sekali loadingnya.

Ada beberapa faktor kenapa komputer lambat, diantaranya yaitu penuhnya kapasitas harddisk. Harddisk merupakan komponen komputer/laptop dan berfungsi sebagai media penyimpanan terbesar dan bersifat permanen (bisa dihapus maupun ditambah).

Namun terkadang, kita menyimpan file dalam size besar yang menguras kapasitas harddisk, sehingga menyebabkan space harddisk menjadi penuh. Akibatnya, komputer/laptop lambat prosesnya. Karena harddisk juga sangat berpengaruh untuk meningkatkan performa komputer.

Maka dari itu, sebaiknya jika data yang ada di komputer sudah tidak digunakan lagi, sebaiknya dihapus saja agar free space harddisk bertambah dan membuat performa komputer normal. Tetapi karena didalamnya datanya penting semua, sebaiknya kalian lakukan tips perawatan harddisk yang akan admin jelaskan dibawah ini, dan kalian harus melakukan cara dibawah ini minimal 1 minggu sekali, atau jika tidak sempat ya 1 bulan sekali

Tips Merawat Harddisk


#1. Melakukan Disk Cleanup

Dengan melakukan Disk Clean up, kita akan membersihkan file-file sampah, file temporary yang tidak digunakan.
Untuk melakukan Disk Clean up caranya adalah 
  1. Masuk ke windows explorer > this computer > klik kanan pada harddisk yang akan di disk clean up. Biasanya yang banyak file sampah berada di (C:)
  2. Kemudian terlihat ada tulisan disk clean up. Klik, 
    Cara Mengatasi Komputer Lambat DIsebabkan Oleh Harddisk
  3. Harddisk sedang di clean up, tunggu hingga muncul seperti ini. Lalu klik Disk clean up system disk
    Cara Mengatasi Komputer Lambat DIsebabkan Oleh Harddisk
  4. Nah disitu terlihat ada kumpulan file sampah (tidak digunakan) dengan jumlah total size 160MB. Lalu klik OK, nanti akan muncul sebuah popup lagi, klik Delete files maka akan otomatis file-file tersebut akan terhapus.

#2. Melakukan Disk Defragment

Defrag akan membuat tatanan file di dalam harddisk yang berantakan menjadi tertata dan teratur kembali, sehingga mengoptimalkan kinerja harddisk agar tidak lambat.
Cara melakukan Defrag disk adalah sebagai berikut
  1. Masuk ke windows explorer > this computer > klik kanan pada partisi harddisk.
  2. Pindah ke tab tools > lalu pilih Defragment now
    Cara Mengatasi Komputer Lambat DIsebabkan Oleh Harddisk
  3. Akan muncul sebuah window baru, yakni Disk Defragmenter > pilih partisi harddisk > kemudian klik Defragment Disk. Lakukan untuk semua harddisk satu persatu. Dan tunggu hingga selesai
    Cara Mengatasi Komputer Lambat DIsebabkan Oleh Harddisk

#3. Melakukan ScanDisk

Dengan scandisk, kita mendiagnosa kerusakan (eror) yang ada pada harddisk kemudian akna secara otomatis diperbaiki oleh sistem operasi,
Cara scandisk :
  1. Masuk ke windows explorer > this computer > klik kanan pada salah satu partisi harddisk, misalkan yang (C:)
  2. Kemudian pilih tab Tools > pilih Check now
    Cara Mengatasi Komputer Lambat DIsebabkan Oleh Harddisk
  3. Kemudian centang keduanya, lalu klik start
    Cara Mengatasi Komputer Lambat DIsebabkan Oleh Harddisk
  4. Akan muncul sebuah popup, klik schedule disk

Kesimpulan


Demikianlah tips yang bisa saya berikan untuk merawat harddisk serta memperbaiki bad sector pada harddisk agar kinerja komputer tidak lambat. Terima kasih semoga tips ini bisa bermanfaat, silahkan di share untuk dukungannya.