Senin, 06 November 2017

Cara Mengatasi Komputer/Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Masuk Windows


www.siswatkj.com ~ Saat kalian menyalakan maupun merestart komuter/laptop tetapi tiba-tiba komputer hanya menampilkan error atau yang muncul malah layar biru (blue screen). Permasalahan ini muncul gara-gara proses booting berasal dari pc yang tidak seperti biasanya atau bisa jadi proses booting-nya terhenti ditengah jalan.

Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Masuk Windows
Komputer tidak bisa masuk ke windows

Kalian tidak perlu panik karena masalah ini, karena biasanya masalah ini penyebabnya sangat sepele, jadi kalian bisa mencoba tips yang akan saya berikan dibawah ini. Namun sebelum itu, kalian perlu mendiagnosis dan mengetahui penyebab dari komputer tidak bisa masuk windows.

Berikut adalah penyebab komputer tidak dapat masuk ke windows :


  • Ada file yang tidak sengaja terhapus didalam Sistem Operasi Windows 
  • Terinfeksi virus, spyware ataupun Trojan yang turut loading pas kalian men-start up komputer. 
  • Ada rusaknya (korup) pada file atau driver yang memicu windows gagal dalam membacanya. 
  • Sistem Operasi Windows yang rusak atau belum diinstal. 
  • Ada setting BIOS yang settingannya dirubah atau tidak benar.

Mungkin salah satu dari beberapa penyebab di atas yang membuat komputer kalian mengalami masalah komputer tidak bisa masuk ke windows.

Menangani Masalah Komputer Tidak Bisa Masuk Windows


Masuk ke Safe Mode


Masuk ke Safe Mode
  1. Pada saat komputer/laptop dinyalakan, tekan F8 nanti akan muncul beberapa mode booting
  2. Pilih Safe Mode, apabila pc berhasil masuk ke windows maka akan muncul loading yang tidak dapat dibaca oleh windows dengan benar. 
  3. Matikan loading tersebut pakai “MSconfig” pada langkah start-up. (Start => run => Msconfig).

Repair Windows


Cara paling gampang untuk memperbaiki komputer yang tidak dapat masuk ke windows adalah dengan melakukan langkah repair windows. 
  1. Masukkan CD instalasi windows 
  2. Lalu pindah first boot di BIOS agar boot ke CD atau DVD-ROM instalasi, 
  3. Setelah masuk ke bagian install windows maka memilih opsi repair windows. Anda dapat menginstal windows ke folder baru atau lakukan format harddisk jikalau repair windows gagal.

Setting BIOS ke Default


Pastikan bahwa anda tidak merubah setting BIOS sebelumnya. Jika memang anda telah merubah setting BIOS maka kembalikan setting BIOS seperti semula. Jika anda lupa, sebaiknya memilih Loading BIOS Default.

Re-Install Driver VGA


Kerusakan pada Driver VGA Card termasuk dapat menjadi penyebab pc tidak dapat masuk ke windows. Untuk penyebab ini, anda dapat coba untuk melakukan cara pertama, yaitu masuk Safe Mode lalu uninstall Driver VGA Card yang rusak sesudah itu install lagi Driver VGA yang benar kala masuk ke windows secara normal.


Penutup


Jika keempat langkah diatas telah anda laksanakan dan ternyata anda gagal, maka mungkin jika ada hardware yang mengalami kerusakan. Biasanya hardware yang mengalami rusaknya adalah Memory Harddisk VGA dan mungkin saja Mainboard termasuk rusak, tapi rusaknya Mainboard merupakan kemungkinanya paling kecil

Dan itulah lebih dari satu langkah yang dapat anda laksanakan jikalau pc anda gagal masuk ke windows. Jadi jangan terlampau panik atau segera berpikir untuk pergi men-service-kan pc anda. Coba laksanakan lebih dari satu tips diatas dan cari mengerti dimana letak  rusaknya pada pc anda. Selamat mencoba..