Rabu, 04 Oktober 2017

Cara Mengatasi GPT Partition Style Saat Instal Windows

Cara Mengatasi Windows Cannot be installed to this disk. The selected disk of the GPT Partition style Saat Instal Windows 

Jika kalian sedang membuka halaman ini saya yakin kalian sedang mengalami masalah GPT Partition Style Saat Instal Windows pada saat instal windows, benar bukan? becanda sob. Masalah ini memang terjadi saat kita menginstal windows entah itu windows 7, 8 atau yang sekarang adalah 10. 

Perlu kalian ketahui pada dasarnya partisi harddisk itu ada 2 tipe, yaitu tipe MBR dan tipe GPT. Partisi MBR (Master Boot Record) adalah partisi yang sudah lama digunakan, MBR hanya mampu menampung harddisk sebesar 2TB saja. Oleh karena itu MBR sudah mulai digantikan dengan GPT (Guid Partition Table) jenis partisi yang termasuk baru, yang mampu menampung harddisk lebih dari 2TB. GPT adalah bagian dari EFI system, GPT hanya dapat diinstal apabila komputer/laptop menggunakan system UEFI dan windows yang akan diinstal harus 64bit. Karena UEFI tidak mendukung 32bit.

Ada hal yang perlu diperhatikan. Jika kalian ingin menginstal windows 32bit, maka kalian harus mengkonversi tipe partisi harddisk dari GPT ke MBR. Resikonya data didalamnya harus di hapus secara keseluruhan. jadi sebaiknya jika tidak mau menghapus maka instal saja yang 64bit, atau jika tetap ingin 32bit maka bakcup dulu datanya. Untuk cara konversinya akan saya jelaskan di postingan selanjutnya.

Namun yang akan saya jelaskan ini hanya untuk menghapus bersih partisi GPT pada harddisk, sehingga kalian tidak perlu repot untuk mengkonversinya.

1. Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, backup (copy) dulu semua data yang penting ke harddisk lain.
2. Jika sudah di backup. Masuk ke bios
3. Setting di BIOS, ubah boot mode dari UEFI ke Legacy Mode (CSM) di konfigurasi boot.
4. Kemudian Boot First ke media bootable (entah itu flashdisk atau dvd)
5. Pada saat masuk ke proses instalasi windows, tekan Shift+F10 pada keyboard
6. Akan muncul sebuah window CMD. Ketik diskpart lalu enter
Cara Mengatasi GPT Partition Style Saat Instal Windows


7. Lalu ketik lagi list disk akan muncul daftar disk kita. Dan kita melihat pada disk 0 terdapat tanda bintang di kolom Gpt, menandakan bahwa dis tersebut bertipe partisi gpt.
Cara Mengatasi GPT Partition Style Saat Instal Windows

8. Ketik select disk pada disk tersebut (yang berpatisi gpt) misal disini disk 0 maka ketik select disk 0 lalu enter.
Cara Mengatasi GPT Partition Style Saat Instal Windows

9. Kemudian kalian tinggal ketik clean kemudian enter. Dan tunggu hingga proses clean sukses. 
Cara Mengatasi GPT Partition Style Saat Instal Windows

10. Lalu ketik lagi convert to mbr. Tunggu hingga proses convert selesai lalu tutup kembali window cmd dan lanjut ke instalasinya.

Akhir Kata


Itu saja sobat Cara Mengatasi GPT Partition Style Saat Instal Windows yang bisa jelaskan, semoga bisa membantu. Semoga bisa berhasil sekian dan terimakasih.