Selasa, 26 September 2017

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Mati

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Mati Total/Tidak Mau Menyala 

Mungkin jika kalian sedang membaca artikel ini saya yakin kalian sedang mengalami masalah komputer kalian yang ketika komputer dinyalakan ternyata komputer tidak menyala/mati.Kalian tidak perlu panik terlebih dahulu guys. Jangan berikan komputer kalian ke tempat service dulu, tidak ada salahnya kalian mencoba menganalisa apa penyebab komputer kalian mati sehingga tidak bisa dioperasikan. Penyebab yang biasanya terjadi jika komputer “tidak bisa menyala” adalah daya listrik ke PC sebenarnya masuk tetapi tidak menampilkan apa-apa di monitor, namun jika yang ternyata stop kontaknya yang bermasalah berarti anda tidak perlu susah-susah mengatasinya, jadi sebelum mengecek ke yang lainnya pastikan dulu aliran listrik dari stop kontak ke komputer berjalan dengan normal.

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Mati/Tidak Mau Menyala

Tetapi jika lampu pada komputer menyala dan terdengan suara Kipas dari dalam tetapi sama sekali tidak muncul di layar Anda. Ada beberapa kemungkinan kenapa komputer kalian anda tidak menyala seperti biasa,  maka kalian perlu ketahui apa penyebabnya dengan mengecek melalui point-point berikut.

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Mati/Tidak Mau Menyala


1. Cek monitor komputer

Sambungan kabel monitor ke CPU kurang kencang dapat menyebabkan monitor tidak menampilkan apa-apa. Jadi cek terlebih dahulu dan bila perlu kalian bisa mencobanya di komputer lain, jadi jika kipas dan cpu berkerja namun monitor tidak menampilkan apa-apa/menyala maka kemungkinan besar monitornya yang rusak.

2. Komputer mengeluarkan bunyi "Beep" 1x

Tetapi apabila ternyata komputer kalian berbunyi “Bip” maka bisa saja yang bermasalah VGA, Memory (RAM), atau Batery CMOSnya, untuk solusi sementara kalian bisa coba lepas RAM yang tadi saya sebutkan lalu pasang kembali memory card (RAM) yang ada dalam CPU.

3. Cabut Baterai CMOS

Akibat dari kesalahan konfigurasi BIOS bisa menyebabkan PC Anda tidak dapat startup. Jadi cabut baterai CMOS yang ada pada matherboard, lalu pasang kembali karena hal itu akan menghapus memori BIOS pada motherboard , dan secara otomatis akan kembali pengaturan BIOS ke setting default bawaan. 

4. Uji power supply komputer Anda. 

UPS cenderung dapat menyebabkan lebih banyak masalah daripada hardware lainnya dan sering menjadi penyebab komputer tidak mau menyala. Atau kalian bisa mengeceknya langsung dari stop kontak/aliran listriknya.

5. Masuk ke BIOS komputer/Instal Ulang

Jika komputer dapat masuk ke BIOS berarti Sistem Operasi kalianlah yang rusak, kalian bisa menginstall ulang sistem operasinya. Cara ini biasanya cara terakhir untuk mengatasi masalah komputer yang tidak mau menyala/mati.

6. Bawa Ke Tempat Service Komputer

Nah inilah yang paling pantas disebutkan cara terakhir, jika kelima cara diatas tidak berpengaruh apa-apa dan kalian sudah sangat bingung dan frustasi maka silahkan bawa saja ke tukang service yang ahli dalam komputer. Karena mungkin ada komponen komputer yang memang sudah rusak parah sehingga perlu diperbaiki atau diganti.

Penutup

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi komputer yang mati / tidak mau hidup, dari artikel ini admin yakin ada beberapa faktor lain yang bisa berakibat komputer tidak bisa di hidupkan, jadi saat menggunakan komputer pergunakanlah sesuai kebutuhan saja agar komputer awet dan tidak mudah rusak. 

Cukup sekian artikel admin kali ini, mohon maaf apabila artikel ini tidak membantu tetapi admin berharap artikel admin bermanfaat dan bisa membantu kalian, terima kasih sudah membaca.