Rabu, 25 Oktober 2017

Sejarah dan Perkembangan Komputer - Komputer Sebelum 1940

Materi Perkembangan Komputer Kelas 10 TKJ - Generasi Komputer Sebelum Tahun 1940

Sejak zaman kuno, manusia telah menggunakan bilangan. Bahkan suku-suku paling primitif telah melakukan perhitungan rumit yang diperlukan untuk pertanian, perniagaan, dan navigasi. Alat untuk mempermudah perhitungan macam itu dimulai dari batu penghitung jaman prasejarah dan meningkat maju dengan abakus. 

ABAKUS 

Sejarah dan Perkembangan Komputer - Komputer Sebelum 1940
Abakus adalah salah satu alat yang paling awal yang digunakan untuk perhitungan. Asal abakus tidak dapat ditunjuk dengan tepat. Alat ini sudah dikenal sejak zaman yunani kuno. Pertama-tama abakus berupa sebuah permukaan pasir, sabak lilin, atau batu lebar dengan tanda yang menunjukkan letak bilangan dan kerikil yang digunakan sebagai penghitung. 

Orang romawi menyebut kerikil semacam itu calculus, dari situ berasal kata kalkulasi. Pada abakus modern terdiri dari dua kelompok baris yang menggambarkan tangan manusia. Lima cincinn bawah mewakili lima jari manusia, dan dua cincin atas mewakili dua tangan manusia. 

PASCALIN 

Sejarah dan Perkembangan Komputer - Komputer Sebelum 1940

Di perancis pada tahun 1642, dalam usia 19 tahun Blaise Pascal (1623-1662),menemukan mesin penjumlah mekanis yang pertama, digunakan untuk membantu ayahnya dalam perhitungan pajak. Penemuan pascal, yang disebut Pascalin, dikenal debagai mesin menjumlah dan mengurangi pertama. 

Bilah geser untuk penambahan / pengurangan 
Deretan cakram untuk menyetel angka yang akan ditambah/dikurang 
Mesin pascalin dapat menjumlah atau mengurangi jika roda gigi saling berkait sewaktu diputar. Sebuah roda memindahkan jumlah yang lebih besar 

JACQUARD 

Sejarah dan Perkembangan Komputer - Komputer Sebelum 1940

Pada tahun 1801 Joseph Marie Jacquard dari Perancis mengembangkan mesin tenun yang pola tenunnya disimpan menggunakan kartu dari kayu yang berlubang (yang kemudian dikenal dengan punch card). 

Penemuannya ini mendapat perlawanan dari para buruh, dan mendorong terbentuknya persatuan dan aksi buruh yang pertama di dunia, yang merusak mesin tenun ciptaanya. 
Namun pada tahun 1812 telah muncul ribuan mesin tenun ciptaan Jacquard, yang sampai saat ini masih digunakan di industri teksil untuk membuat pola brokad. 

BABBAGE 

Sejarah dan Perkembangan Komputer - Komputer Sebelum 1940

Pada abad ke -19, jauh sebelum tibanya abad elektronik, charles babbage (1791-1871)., seorang alhi matematika dari Inggris, sudah begitu dekat dengan penemuan fungsi-fungsi komputer sehingga sekarang ia dikenal sebagai Bapak Komputer.

Dengan bantuan dari Lady Augusta Ada Lovelace (1815-1842), pada tahun 1834 Babbage mengembangkan mesin analitis untuk menghitung tabel astronomi untuk digunakan pada angkatan laut yang disebut mesin selisih (“Different Engine”.) dijalankan dengan tenaga uap. 

HOLLERITH 



Sejarah dan Perkembangan Komputer - Komputer Sebelum 1940

Herman Hollerith (1860-1929) adalah orang pertama yang membangun pemrosesan data. Tujuannya adalah untuk menghitung dan menjumlah sensus tahun 1890 di Amerika Serikat. Pada akhir abad 18 mendirikan perusahaan “Tabulating Machine Company”. 
Setelah Hollerith pensiun pada tahun 1904, Thomas Watson, Sr., menjadi presdir dan kemudian mengubah nama perusahaan menjadi International Business Machines Corporation (IBM).

Daftar Pustaka :

1. D. Suryadi H.S, Pengenalan Komputer, Seri Diktat Kuliah Universitas Gunadarma, Jakarta 1993
2. Time-Life, Hamparan Dunia Ilmu, Abad Komputer, PT. Tira Pustaka Jakarta, 2002
3. Abdul Kadir, Pengantar Sistem Informasi, Andi Offset, 2003
4. http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/