Senin, 02 Oktober 2017

Cara Mengatasi Laptop Mati Total

Cara Mengatasi Laptop Mati Total

Cara Mengatasi Laptop Mati Total 

Laptop, sekarang sudah banyak digunakan oleh hampir semua orang bahkan dari kalangan bawah sekalipun. Namun pada hakekatnya laptop adalah suatu barang elektronik yang mana dia bisa saja mengalami masalah, eror, kerusakan dan lain sebagainya. Pengguna laptop tidak semuanya bisa menangani apabila laptop miliknya mengalami masalah, trouble, eror, atau kerusakan. 

Banyak sekali masalah-masalah yang sering terjadi pada laptop, diantaranya Laptop Mati Total atau tidak bisa dinyalakan sama sekali. Tetapi kalian tidak perlu khawatir, meskipun laptop dalam kondisi mati total dan tidak bisa dinyalakan. Sebelum dibawa ketukang service tidak salahnya kalian mencoba langkah-langkah yang akan admin jelaskan, mungkin saja cara ini bisa membantu kalian.

Namun sebelum itu kalian perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebab laptop mengalami mati total. Ada beberapa kemungkinan masalah laptop yang mengalami mati total diantaranya sebagai berikut :
1. Power Adaptor (yang dikabel charger) mengalami kerusakan.
2. Memory (RAM) pada laptop bermasalah.
3. Processor rusak karena overheat (suhu terlalu panas).
4. Kerusakan pada IC yang ada di Motherboard atau Motherboard itu sendiri yang bermasalah.

Faktor diatas mungkin menjadi salah satu penyebab kenapa laptop kamu mati total.

Berikut saya berikan cara bagaimana mengatasi laptop yang mati total.

1. Menyalakan Laptop Tanpa Memasang Baterai

Cara ini cara yang paling gampang yang bisa dilakukan oleh siapapun bahkan awam sekalipun. Lepas baterai laptop kemudian colokan charger ke laptop lalu nyalakan laptop dengan kondisi lepas baterai dan dengan menggunakan aliran listrik dari charger. Jika laptop bisa menyala sudah terlihat jelas sekali yang bermasalah adalah batreai laptop kalian. Namun jika lampu indikator baterai/charger menyala, maka laptop kalian yang bermasalah bukan chargernya.

Note : Untuk laptop baterai tanam (onboard) yang tidak dapat dilepas, Silakan kalian nyalakan laptop dan kemudian lihat lampu indikator batreainya, jika tidak menyala coba cek charger di laptop yang lain (serinya sama dengan laptopmu) apabila charger dalam kondisi baik maka batreai laptopmu yang bermasalah.

2. Bersihkan Kuningan RAM (Memori)

Lepas casing laptop, kalian bisa melihat di youtube sangat banyak tutorial cara membongkar laptop berbagai merek, sesuaikan dengan merk laptop kalian. Tetapi biasanya untuk mencabut RAM disediakan kotak kecil yang digunakan barang kali kalian ingin mengupgrade RAM atau mengganti RAM.
Cabut RAM kemudian bersihkan kuningan yang di kaki-kaki RAM dengan menggunakan penghapus pensil. Lalu pasang kembali RAM dengan posisi yang tepat dan benar.

3. Bersihkan Kipas CPU (Heatsink) Yang di Dalam Laptop

Kotornya komponen yang ada di laptop sangat berpengaruh karena dapat menyebabkan laptop mengalami masalah seperti tidak bisa menyala (mati total). Bongkar casing laptop kemudian bersihkan komponen-komponen yang ada didalam casing itu termasuk ventilasi CPU Fan (heatsink)

Itu saja beberapa tips mengatasi laptop yang mati total, cara yang saja jelaskan diatas adalah cara yang mudah-mudah saja yang bisa dilakukan oleh siapapun bahkan yang awam sekalipun. Dan resikonya pun tidak terlalu berat. Namun jika kalian tidak berani membongkar laptop karena alasan garansi masih ada, sebaiknya jangan lakukan. Admin tidak bertanggung jawab apabila ada sesuatu yang terjadi.

Akan tetapi jika kalian sudah melakukan cara diatas dan tidak berhasil, berarti kemungkinan yang bermasalah adalah salah satu komponen yang ada di laptop misalnya procesor, harddisk ataupun motherboard. Jika masalahnya seperti ini silakan kalian bawa saja ke tempat service laptop jika kalian tidak mau mengambil resiko

Penutup

Demikianlah artikel admin kali ini, semoga bisa membantu dan terima kasih. Selamat mencobanya