Rabu, 25 Oktober 2017

Cara Mengatasi 'A disk read error occurred'

Cara mengatasi 'A disk read error occurred'


Pada saat menyalakan komputer atau laptop ada yang berbeda dan membuat saya bingung, karena komputer hanya muncul sebuah layar hitam dan dengan tulisan "A disk read error occurred. Press Ctrl+Alt+Del to restart". Saya bingung bagaiamana cara mengatasinya, sempat berpikir untuk dibawa ke tukang service, tetapi karena takut mahal maka saya coba mendiagnosa penyebab masalahnya (kerusakannya) dan saya coba untuk memperbaikinya.

Cara Mengatasi 'A disk read error occurred'

Terlihat dari tulisannya, sudah dapat disimpulkan kemungkinan adanya kerusakan pada hal – hal yang berhubungan dengan harddisk, ini bisa terjadi pada software nya atau mungkin hardware yang nanti kalian bisa diagnosa sendiri. Baik langsung saja, simak step by step di bawah ini :

Cek kabel data Harddisk


Kabel data dari motherboard ke harddisk (SATA) kendor atau terjadi kerusakan bisa menyebabkan harddisk tidak terbaca, coba lepas dan pasang kembali. Atau pindahkan ke port yang lain karena biasanya port untuk SATA lebih dari 1. Kalau masih belum bisa coba digantikan dengan kabel baru.

Ganti mode Master atau Slave


Jika komputer masih menggunakan jenis harddisk ATA (jenis komputer yang lama). Kalian bisa melepas harddisk anda dan cek dibelakangnya ada semacam switch atau jumper untuk mengubah mode dari Master ke Slave dan sebaliknya. Namun pada tipe SATA sudah tidak ada mode – mode semacam ini. Jadi jika komputer kalian tipe baru, kalian bisa melanjutkan step berikutnya.

Reset konfigurasi BIOS


Jika terjadi pada biosnya coba reset setting an BIOS untuk dikembalikan ke default. Cara masuk BIOS adalah dengan menekan tombol F2 atau Delete saat booting komputer. 
Cara masuk bios berbeda-beda setiap komputer/laptop nya. Silahkan kalian cari-cari di google

Lepaskan baterai CMOS


Masih dengan BIOS, jika setting default tidak berpengaruh maka coba lepaskan baterai CMOS di motherboard dan pasang kembali.

Repair instalasi Windows


Cara ini kalian harus mempunyai Windows Installer, booting menuju DVD atau USB Flashdisk yang berisi setup Windows Installer. Tapi janganlah memilih install ulang, pilih saja Repair Windows installation. Sehingga akan membuat seluruh file sistem windows akan diganti dengan yang baru sehingga akan normal kembali.

Memperbaiki booting Windows

Masih membutuhkan installer Windows, tapi kali ini dengan bantuan command prompt. Booting ke DVD atau USB Flashdisk yang berisi setup windows installer, lalu masuk ke cmd dengan cara tekan tombol Shift+F10 kemudian masukan perintah
  • fixmbr dan tekan ENTER. (untuk memperbaiki MBR (Master Boot Record))
  • fixboot , tekan ENTER. (untuk memperbaiki setting boot Windows)
  • Keluar dari command prompt dan restart.

Penutup

Namun jika kalian ragu untuk mencoba cara-cara diatas, sebaiknya tidak usah dilakukan. Bawakan saja komputer ke tukang service komputer yang ahli. Saya tidak bertanggung jawab apabila ada kerusakan yang terjadi bila mengikuti cara diatas

Demikian sedikit solusi untuk mengatasi masalah komputer muncul tulisan a disk read error occurred pada windows, semoga bisa membantu kalian. Silakan mencoba dan semoga berhasil.