Senin, 05 September 2016

Cara Mempercepat Proses Shutdown

Cara Mempercepat Proses Shutdown

Cara Mempercepat Proses Shutdown - Pastinya kita sudah tahu apa itu shutdown, shutdown selalu kita gunakan untuk menonaktifkan PC atau Laptop kita, tidak mungkin sebuah PC atau laptop yang digunakan terus menerus sampai tidak dimatikan, kecuali kalau komputer server baru wajar tidak dimatikan. Biasanya dalam men-shutdown komputer/laptop yang baru saja digunakan untuk multitasking kebanyakan proses shutdownya akan lama. Terlebih lagi jika aplikasi yang terinstall dalam laptop/PC cukup banyak. Pastinya halseperti itu akan membuat kita bosan dan pasti bosankarena lama menunggu untuk laptop sudah benar-benar dalam keadaan mati.

Oleh karena itu, saya akan mencoba untuk meyelesaikan permasalahan tersebut. Dengan tutorial yang akan saya berikan mungkin saja itu akan sedikit membantu untuk mempercepat proses shutdown.

Baiklah, kita langsung saja langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Klik logo windows kemudian ketik "regedit" lalu enter. Atau tekan logo windows + R ketik "regedit" lalu enter.
Turoial Mempercepat Proses Shutdown

2. Masuk ke key : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control
Turoial Mempercepat Proses Shutdown


3. Di panel kanan cari dan klik 2x pada string WaitToKillServiceTimeout. Biasanya default valuenya adalah 12000 (12 Detik). Ubahlah valuenya sesuai yang anda butuhkan. Misalkan disini admin ubah menjadi 6000 (6 Detik), jika sudah klik ok
Turoial Mempercepat Proses Shutdown

Note: jangan ubah value kurang dari 5000 (5 detik) karena pc/laptop membutuhkan sedikit waktu untuk menonaktifkan aplikasi2 yang terinstall didalamnya.

Nah itu lah sedikit langkah untuk mempercepat proses shutdown di windows. Mudah bukan? silahkan dicoba kawan.
Baik mungkin cukup itu saja penjelasan dari saya, kalau kurang jelas tinggal tanyakan lewat komentar. Terima kasih telah mengunjungi dan membaca artikel saya, semoga ilmu yang saya berikan bisa bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa di share yah