Minggu, 04 Oktober 2015

Cara Mengatasi Komputer/Laptop Tidak Bisa Membaca Flashdisk

Mengatasi Komputer Tidak Bisa Membaca FlashDisk

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop/Komputer Tidak Mendeteksi Flashdisk - Pada jaman yang modern ini, banyak sekali orang yang memiliki komputer, laptop ataupun gadget. Karena perkembangan jaman saat ini banyak pekerjaan sekolah ataupun perusahaan - perusahaan yang mengharuskan untuk menggunakan teknologi komputer.

Oleh sebab itu, flashdisk menjadi alternatif lain untuk mengerjakan urusan sekolah bagi pelajar. Karena fungsi flashdisk adalah untuk menyimpan data dalam ukuran tertentu, jadi kita bisa menyimpan data tugas apapun dan dikerjakan menggunakan komputer lain seperti warnet, atau bisa pinjam milik teman atau saudara.

Namun banyak masalah komputer atau laptop yang tidak bisa membaca flashdisk, hal ini membuat banyak orang yang bingung dan tidak tahu cara mengtasinya. Nah kali ini admin akan membagi ilmunya dengan kalian, admin akan membuat sebuah artikel tentang cara mengatasi komputer tiba-tiba tidak bisa membca flashdisk. Bagi kalian yang memiliki komputer dan mengalami masalah tersebut bisa mencobanya.

1. Diblok oleh Registry
- Tekan start+R ketikan Regedit kemudian enter.
- Pilih HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\services\USBSTOR
- Klik 2x tulisan Start yang ada di panel kanan.
- Pastikan isi value nya 3. Karena jika 4 maka akan registry akan memblok deteksi flashdisk.

2. Dites di Komputer/Laptop Lain
Coba colokan Flashdisk kalian ke Laptop lain apakah flashdiskmu terdeteksi atau tidak, jika terdeteksi maka driver usb di laptop kalian mungkin saja belum terinstal, atau bisa jadi sistem operasi laptop kalian bermasalah. karena kebanyakan flashdisk sekarang hanya support minimal windows 7. Jadi windows vista ataupun xp kadang tidak bisa mendeteksi flashdisk yang sekarang.
Solusi : Silakan kalian instal usb driver sesuai merek laptop kalian kemudian cek apakah sudah terdeteksi, jika belum berarti sistem operasinya yang bermasalah (tidak support). Jika sistem operasinya maka silahkan repair windows (jika windows 7) namun jika masih windows xp/vista silahkan instal saja windows 7 atau keatas.

3. Buat Urutan Drive Menggunakan Disk Management
- Masuk ke Disk Management (start+R) ketik compmgmt.msc lalu enter
- Pilih Disk Management di panel kiri
- Klik kanan pada flashdisk (jika terdeteksi) lalu pilih Change drive letter and paths.
- Klik Add lalu pilih huruf sesuai urutan (salah satu).

4. Buat Partisi Menggunakan Disk Management
Namun jika flashdisk sudah dimasukan urutan drivenya tetapi flashdisk tetap bermasalah silahkan kalian buat partisinya melalui Disk Management
- Tancapkan flashdisk ke komputer/laptop kalian
- Tekan logo windows (start)+R lalu ketik compmgmt.msc kemudian Enter
- Setelah itu akan terbuka program compmgmt, Jika sudah maka klik program tersebut.
- Cari dan pilih Disk Management pada panel kiri.
- Jika kerusakan flashdisk tidak terlalu parah maka Flashdisk mungkin akan terdeteksi. Jika terdeteksi klik kanan pada drive flashdisk kemudian pilih Create partition.
- Lalu pilih format

5. Format Menggunakan CMD
Cara ini bisa dilakukan apabila flashdisk kalian mengalami corrupt atau badsector.
- Buka CMD dengan cara klik logo windows di pojok (start) - ketik "cmd" - enter
- ketik format G: / FS:FAT kemudian enter.
(G: bisa diganti sesuai urutan huruf flashdisk di laptop)

6. Masalah tegangan listrik.
Biasanya masalah seperti ini hanya karena tegangan listrik. Masalah kebanyakan pada powersupply komputer yang sudah lemah, karena flashdisk menggunakan listrik tegangan rendah. Jika powernya kurang berdampak pada pembacaan data yang ada di flashdisk.
Solusinya adalah :
Ganti power supply
Atau coba tancapkan pada USB bagian belakang (komputer), karena langsung menempel di motherboard karena mendapatkan daya secara langsung dengan PSU (Power Supply).

7. Port USB rusak 
Biasanya salah satu port USB di komputer/laptop kalian rusak. Cobalah untuk menancapkan flashdisk di port yang berbeda. Kalian bisa mencoba mencolokan flashdisk port belakang komputer (CPU). Karena port tersebut langsung terhubung dengan motherboard. Sedangkan motherboard adalah papan induk (pusatnya) tempat terpasangnya komponen - komponen komputer dan juga memiliki daya yang didapat secara langsung dari PSU (Power Supply)

8. Flashdisk rusak.
Nah penyebab inilah yang menjadi faktor utama permasalahan ini. Cek apakah flashdisk rusak, coba komputer/laptop kalian dipasang flashdisk yang berbeda apabila komputer dapat mendeteksi flashdisk maka flashdisk yang tadi rusak atau flashdisk yang kalian milki ditancap ke komputer yang berbeda, apabila tidak terbaca berarti memang benar flashdisk kalian rusak. Solusinya ganti dengan yang baru.


Nah itu sobat sekilas tentang cara mengatasi komputer tiba-tiba tidak bisa membaca flashdisk, silahkan dicoba yah. semoga berhasil.