Minggu, 05 November 2017

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi


www.siswatkj.com - Touchpad merupakan salah satu bagian dari laptop yang digunakan sebagai penunjuk. Touchpad bisa dikatakan pengganti mouse sebab punyai kegunaan yang serupa sebagai penunjuk terhadap laptop. Pada touchpad terhitung terdapat tombol klik kiri dan klik kanan seperti yang ada pada mouse. Hanya saja jikalau Anda tidak terbiasa pakai touchpad mungkin saja mulai agak sukar dan mengakibatkan pekerjaan menjadi semakin lama.

touchpad via www.wikipedia.com

Seperti perangkat elektronik lainnya, touchpad pun sering mengalami error. Misalnya touchpad yang tidak berfungsi. Nah kali ini admin akan mengulas bagaimana langkah memperbaiki masalah touchpad yang tidak berfungsi.


5 Tips Untuk Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi


1. Aktifkan Touchpad


Pada laptop biasanya terdapat tombol untuk mengaktifkan dan menonaktifkan kegunaan dari touchpad. Silakan lihat keyboard di laptop Anda apakah tersedia tombol yanng ada icon berbentuk touchpadnya? Biasanya icon touchpad itu terdapat satu diantara tombol F1 hingga F12.

Jika sudah menemukannya, maka tekan tombolnya dengan cara tekan Fn + Tombol Touchpad tersebut. Misalkan disini saya contohkan pada laptop saya yaitu Acer Aspire E1 431 yaitu Fn + F7.

Saya seringkali mendapati persoalan touchpad yang tidak berfungsi ini. Pemasalahannya ternyata amat simple yaitu sebab fungsi touchpad tidak diaktifkan. Mungkin saja Anda imenekan tombol secara tidak sengaja sehingga menyebabkan touchpad menjadi tidak aktif. Solusinya tinggal aktifkan kembali dengan menekan tombol kombinasi Fn + Tombol yang ada icon touchpadnya.

2. Intsal Driver Touchpad


Driver adalah perangkat lunak yang mengaktifkan fungsi sebuah hardware supaya bisa dikenali oleh sistem operasi. Jika kalian memakai sistem operasi Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10 maka tidak usah khawatir untuk menginstal driver ini. Karena sistem operasi versi ini lebih dari satu driver dapat terinstal dan terupdate secara otomatis.

Namun kadang kala tersedia lebih dari satu driver yang tidak terinstal. Maka solusinya adalah dengan langkah menginstal driver secara manual. Jika Anda membiarkannya begitu saja, maka hardware yang drivernya tidak terinstal tidak dapat bekerja sebab proses operasi tidak dapat mengenalinya.

Bagi Anda pengguna Windows 7 maka harus menginstal driver secara manual pakai DVD driver bawaan laptop atau bisa terhitung mendownload driver terhadap web resmi merk laptop Anda. Agar menginstal driver yang pasti kompatibel, baca disini Cara mendapatkan driver yang sudah pasti cocok dengan sistem operasi

Jika Anda mendapati touchpad laptop yang tidak berfungsi, cobalah instal driver touchpad terutama dahulu.

3. Cek Kabel Konektor Touchpad


Cara Mengatasi Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi
konektor touchpad via www.bukalapak.com

Cara ini barangkali harus dilakukan oleh kalangan profesional, sebab laptop harus dibongkar dahulu. Kabel konektor touchpad terdapat terhadap bagian di dalam laptop, supaya jikalau akan mengecek laptop harus dibongkar. Jika Anda menginginkan melakukannya sendiri dapat lebih bagus, hitung-hitung belajar juga.

Setelah laptop dibongkar, sialkan cek pada konektor touchpad. Bisa saja konektor longgar dan apalagi barangkali saja putus makanya di cek dulu.

4. Scanning Keseluruhan Laptop


Mungkin saja laptop Anda diserang virus dan sebabkan touchpad tidak berfungsi. Solusinya adalah dengan laksanakan scan data secara keseluruhan pakai antivirus yang bagus, misalkan kaspersky, avura, avast, avg dan lain-lain.

5. Instal Ulang Laptop


Langkah paling akhir yang harus Anda laksanakan yaitu adalah menginstal kembali proses operasi. Lah kenapa harus di instal ulang? Jika dengan scanning data tidak terhitung sukses maka solusi paling akhir adalah dengan menginstal ulang. Dengan menginstal kembali maka dapat sebabkan laptop menjadi fresh kembali.


Penutup


Itulah yang harus Anda laksanakan jikalau touchpad laptop tidak berfungsi. Apabila ada tips lain, biaa tambahkan di kolom komentar. Semoga tips ini bermanfaat dan jangan untuk share yah guys, terima kasih atas kunjunganya.