Rabu, 25 Oktober 2017

Cara Mengatasi 'Error Loading Operating System'

Cara Mengatasi Komputer (PC) Muncul Tulisan 'Error Loading Operating System' Pada Saat Booting

Pada saat menyalakan laptop ataupun komputer (PC) tiba-tiba hanya muncul layar hitam dengan bertuliskan satu kalimat 'Error Loading Operating System' saya coba restart komputer nya namun tetap saja, tidak mau masuk windows (sistem operasinya).

Saya bingung mau bagaimana lagi untuk mengatasinya, namun pada akhirnya saya menemukan solusinya. Oleh karena itu kali ini admin akan share penglaman tadi disini mengenai komputer hanya muncul tulisan error loading operating system pada windows.

Cara Mengatasi 'Error Loading Operating System'

Penyebab Error Loading Operating System


  • Sistem Operasi rusak.
  • Hardisk bad sector.
  • Arus listrik tidak stabil
Untuk cara penanggulannya ada 2 cara yang akan saya jelaskan, yaitu :

Cara Pertama


  • Restart Komputer/Laptop 
Dalam berapa kasus, cara ini sudah dapat menanggulangi masalah tersebut. Karena biasanya masalah tersebut dapat terjadi karena komputer yang selalu digunakan tanpa istirahat. Oleh karena itu saya sarankan, kurangi pemakain komputer dalam waktu lama tanpa istirahat. Kalaupun memang harus dipakai dalam waktu lama saya sarankan untuk me-restar komputer jika dirasa sudah panas atau lama.
  • Atur Bios ke Settingan Default
Bisa jadi masalah error loading operating system disebabkan karena bios nya. Maka pada saat komputer booting, tekan F2 atau DEL untuk masuk ke bios dan cari settingan ke default.

tombol fungsi untuk masuk ke bios berbeda-beda setiap komputer/laptop. Jadi silahkan sesuaikan saja atau cari cara masuk bios di google sesuai merek komputer/laptop

Cara kedua 


  • Install Ulang Windows
Jika system nya terjadi kerusakan, maka solusi nya adalah menginstal ulang sistem operasi windows. Tetapi jika ada data yang penting tersimpan di data (C:) sebaiknya backup dulu datanya, biasanya menggunakan bootable windows live. silahkan kalian cari di google ada banyak sekali cara backup data jika komputer tidak bisa booting.
  • Harddisk Lemah
Jika komputer tidak bisa di instal ulang, dan komputer atau laptop terasa sangat berat prosesnya, kemungkinan besa harddisk komputer atau laptop anda memang sudah rusak terkena banyak bad sector. Sebaiknya anda ganti harddisknya, tetapi jika ada data penting didalamnya manfaatkan saja harddisk anda untuk dijadikan sebagai harddisk eksternal (dengan catatan masih bisa terbaca oleh komputer)

Penutup

Demikian cara mengatasi komputer hanya muncul tulisan error loading operating system yang bisa admin jelaskan berdasarkan pengalaman, selamat mencoba dan semoga berhasil