Jumat, 03 November 2017

Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi


www.siswatkj.com - Keyboard adalah perangkat yang tak terpisahkan dari laptop atau komputer. Kalau keyboard mengalami eror/kerusakan atau tiba-tiba ngadat, tidak berfungsi.. kita ngetik pake apa dong?

Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Kalau keyboard laptopmu nggak berfungsi, jangan buru-buru dibawa ke tukang servis. Sebenarnya kamu juga dapat Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi sendiri, tanpa mesti repot-repot ke tukang servis.

Kalau kamu ingin Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi sendiri, tersedia 6 cara yang mesti kamu lakukan, simak hal-hal tersebut di bawah ini:

1. Mendiagnosis masalah


Pada saat mencet-mencet keyboard, misalkan saja sedang mengetik suatu hal namun ternyata tidak merespon atau tidak tersedia huruf yang nampak, jangan buru-buru menilai bahwa itu disebabkan keyboard laptop yang rusak.

Jika seperti itu, kamu dapat menekan seluruh tombol terutama dahulu. Apakah lebih dari satu atau 1 tombol yang masih berfungsi? Atau malah seluruh tombolnya tidak merespon saat kamu pencet? Kalau seluruh tombol yang tersedia di keyboard laptopmu tidak merespon semua, mungkin saja yang rusak bukanlah keyboardmu namun perangkat lunak yang tersedia di didalam laptopmu.

2. Bersihkan Tombol yang Tidak Berfungsi


Nah kecuali ternyata tersedia lebih dari satu tombol yang tidak berfungsi, kamu dapat mencoba bersihkan permukaan tombol yang tidak berfungsi itu dengan kain serat yang sedikit dibasahkan.

Kamu juga dapat membuka tombol yang rusak tadi, siapa tau ada yang mengakibatkan fungsi tombol itu terganggu, mungkin adanya debu dan lain sebagainya. Tapi hati-hati ya membukanya.. Jangan sampai malah mengundang kerusakan baru.

Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

3. Lepaskan Tombol yang Tidak Berfungsi


Buat kamu yang rela membuka tombol yang tidak berfungsi, kamu dapat membukanya dengan gunting kuku dan tariklah nampak tombol tersebut. Lalu gunakanlah hook kecil untuk menarik tombol yang rusak itu secara perlahan sampai kuncinya tertarik keluar.

Selanjutnya kamu dapat mengangkat engsel plastik yang terliat di bawah anggota tombol berikut dan bersihkan secara hati-hati.

4. Bersihkan Sensor Keyboard dengan Kain Kering


Bersihkan sensor terhadap keyboard secara hati-hati. Meskipun bentuknya cuma sebuah garis, sensor adalah penggerak tombol keyboard. Kamu dapat membersihkannya bersama kain serat yang kering untuk bersihkan debu atau partikel yang mengganggu fungsi tombol keyboard.

Ingat, jangan membersihkan pakai kain basah ya.. Soalnya dapat mempertinggi efek kerusakan keyboard. Berhati-hatilah pada saat membersihkannya dikarenakan sensor keyboard adalah perangkat yang sangat peka. Jangan sampai kamu malah mesti menggantinya dikarenakan harganya lumayan mahal

5. Pasang Kembali Tombol Keyboard secara Benar


Kalau kamu merasa sudah cukup bersihkan tombol keyboardnya, silahkan pasang lagi tombolnya secara benar. Tutuplah bagian tombolnya secara tepat dan tidak beralih dari posisi pada awal kamu membukanya.

6. Uji Keyboard


Nah apabila tombol keyboard udah selesai dibersihkan dan dikembalikan ke area semula, kamu dapat menjadi menguji keyboard tersebut. Apakah udah bekerja secara normal ulang atau masih belum dapat bekerja juga? Jika masih belum dapat bekerja, coba kamu restart laptopmu atau aktifkanlah restore. Hal itu dilakuia=n buat mastiin aja kecuali kerusakan bukanlah berjalan terhadap perangkat lunak laptopmu.

Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Demikianlah 6 cara yang mesti kamu melaksanakan untuk Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi. Kalau berasal dari 6 cara yang udah kamu lakuin itu masih nggak berhasil juga, maka kamu mesti ke tukang servis daripada malah nanti bisa-bisa menjadi parah rusaknya. Oke, sekian ya.. Semoga bisa membantu.