Sabtu, 28 Oktober 2017

Perangkat Keras Jaringan dan Fungsinya

Perangkat keras jaringan


Perangkat keras jaringan, juga dikenal sebagai peralatan jaringan atau perangkat jaringan komputer, adalah perangkat fisik yang diperlukan untuk komunikasi dan interaksi antar perangkat pada jaringan komputer. Secara khusus, mereka memediasi data dalam jaringan komputer.  Unit yang merupakan penerima terakhir atau menghasilkan data disebut host atau peralatan terminal data.

Perangkat jaringan dapat mencakup gateway, router, jembatan jaringan, modem, titik akses nirkabel, kabel jaringan, driver line, switch, hub, dan repeater; dan mungkin juga mencakup perangkat jaringan hibrida seperti switch multilayer, konverter protokol, router jembatan, server proxy, firewall, penerjemah alamat jaringan, multiplekser, pengontrol antarmuka jaringan, pengontrol antarmuka jaringan nirkabel, adaptor terminal ISDN dan perangkat keras terkait lainnya.

Jenis Perangkat Keras Jaringan

Jenis perangkat keras jaringan yang paling umum saat ini adalah adaptor Ethernet berbasis tembaga yang merupakan penyertaan standar pada sebagian besar sistem komputer modern. Jaringan nirkabel telah menjadi semakin populer, terutama untuk perangkat genggam dan portabel.

Perangkat jaringan lain yang digunakan di komputer mencakup peralatan data center (seperti server file, server database dan area penyimpanan), layanan jaringan (seperti DNS, DHCP, email, dll.) Serta perangkat yang menjamin pengiriman konten.

Dengan pandangan yang lebih luas, ponsel, PDA dan bahkan mesin copi modern juga bisa dianggap sebagai perangkat keras jaringan. Seiring kemajuan teknologi dan jaringan berbasis IP diintegrasikan ke dalam infrastruktur bangunan dan utilitas rumah tangga, perangkat keras jaringan akan menjadi istilah yang ambigu karena banyaknya titik akhir "network capable".


Berikut ini admin akan memberikan macam macam perangkat keras jaringan komputer dan fungsinya beserta gambarnya berdasarkan klasifikasinya.

Perangkat Keras Jaringan

1. Gateway

Perangkat Keras Jaringan dan Fungsinya

Sebuah antarmuka yang menyediakan kompatibilitas antara jaringan dengan mengubah kecepatan transmisi, protokol, kode, atau tindakan pengamanan.

2. Router

Perangkat Keras Jaringan dan Fungsinya

Perangkat jaringan yang meneruskan paket data antar jaringan komputer. Router melakukan fungsi "traffic directing" di Internet. Paket data biasanya diteruskan dari satu router ke router lainnya melalui jaringan yang membentuk internetwork sampai mencapai simpul tujuannya. Router bekerja pada lapisan OSI 3. 

3. Hub

Perangkat Keras Jaringan dan Fungsinya

Untuk menghubungkan beberapa perangkat Ethernet bersama-sama dan menjadikannya sebagai segmen jaringan tunggal. Hub memiliki banyak port input / output (I / O), di mana sinyal yang diperkenalkan pada input dari setiap port muncul pada output dari setiap port kecuali yang asli masuk. Sebuah hub bekerja pada lapisan fisik (lapisan 1) dari model OSI.  Hub pengulang juga berpartisipasi dalam deteksi tabrakan, meneruskan sinyal macet ke semua port jika mendeteksi tabrakan. Hub sekarang sebagian besar usang, karena telah diganti oleh switch jaringan kecuali pada instalasi yang sangat tua atau aplikasi khusus. 

4. Switch

Perangkat Keras Jaringan dan Fungsinya

Perangkat yang menghubungkan perangkat lain secara bersamaan di jaringan komputer, dengan menggunakan packet switching untuk menerima, memproses dan meneruskan data ke perangkat tujuan. Tidak seperti hub jaringan yang kurang canggih, switch jaringan akan meneruskan data hanya ke satu atau beberapa perangkat yang perlu menerimanya, daripada menyiarkan data yang sama dari masing-masing portnya. Ini bekerja pada lapisan OSI 2.

5. Bridge

Perangkat Keras Jaringan dan Fungsinya

Perangkat yang menghubungkan beberapa segmen jaringan. Ia bekerja pada lapisan OSI 1 dan 2. 

6. Repeater

Perangkat Keras Jaringan dan Fungsinya

Perangkat elektronik yang menerima sinyal dan mentransmisikan ulang pada tingkat yang lebih tinggi atau daya yang lebih tinggi, atau ke sisi lain dari penyumbatan, sehingga sinyal dapat menutupi jarak yang lebih jauh.


Perangkat jaringan hybrid meliputi:


Switch multilayer


Sebuah saklar yang, selain beralih pada lapisan OSI 2, menyediakan fungsionalitas pada lapisan protokol yang lebih tinggi.

Protokol converter


Perangkat keras yang mengubah dua jenis transmisi yang berbeda, untuk interoperasi.

Bridges Router (brouter)


Perangkat yang berfungsi sebagai jembatan dan sebagai router. Paket rute brouter untuk protokol yang diketahui dan hanya meneruskan semua paket lain seperti jembatan.

Komponen perangkat keras atau perangkat lunak jaringan meliputi:


Proxy server

Perangkat Keras Jaringan dan Fungsinya

Layanan jaringan komputer yang memungkinkan klien membuat koneksi jaringan tidak langsung ke layanan jaringan lainnya. 

Firewall

Perangkat Keras Jaringan dan Fungsinya

Perangkat keras atau perangkat lunak yang dipasang di jaringan untuk mencegah beberapa komunikasi terlarang oleh kebijakan jaringan. Firewall biasanya menetapkan penghalang antara jaringan internal yang terpercaya dan aman dan jaringan luar lainnya, seperti Internet, yang dianggap tidak aman atau terpercaya. 

Network address translator (NAT)

Perangkat Keras Jaringan dan Fungsinya
(NAT): layanan jaringan (disediakan sebagai perangkat keras atau perangkat lunak) yang mengubah alamat jaringan internal ke eksternal dan sebaliknya.

Perangkat keras lain yang digunakan untuk membangun jaringan atau koneksi dial-up meliputi:


Multiplexer

Perangkat Keras Jaringan dan Fungsinya

Perangkat yang hanya memilih satu sinyal dari beberapa sinyal masukan listrik.

Network interface controller (NIC)

Perangkat Keras Jaringan dan Fungsinya

Perangkat yang menghubungkan komputer ke jaringan komputer berbasis kabel.

Wirelless Network Interface Controller

Perangkat Keras Jaringan dan Fungsinya

Perangkat yang menghubungkan komputer yang terpasang ke jaringan komputer berbasis radio.

Modem

Perangkat Keras Jaringan dan Fungsinya

Perangkat yang memodulasi sinyal analog (seperti suara) untuk mengkodekan informasi digital, dan itu juga mendemodulasi sinyal pembawa tersebut untuk memecahkan kode informasi yang dipancarkan. Digunakan (misalnya) saat komputer berkomunikasi dengan komputer lain melalui jaringan telepon.

ISDN Terminal Adapter (TA)

Perangkat Keras Jaringan dan Fungsinya

Gateway khusus untuk ISDN.

Line Driver

Perangkat Keras Jaringan dan Fungsinya

Perangkat untuk meningkatkan jarak transmisi dengan memperkuat sinyal; Digunakan hanya di jaringan base-band saja.